Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resiko Resesi Global Tahun 2023 Meningkat Di Tengah Kenaikan Suku Bunga Serentak

 

krismon 2023


Bak Dunia-WASHINGTON, 15 September 2022—Ketika bank-bank sentral di seluruh dunia secara bersamaan menaikkan suku bunga sebagai respons terhadap inflasi, dunia mungkin sedang menuju resesi global pada tahun 2023 dan serangkaian krisis keuangan di pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang yang akan membuatnya bertahan lama. membahayakan, menurut sebuah studi baru yang komprehensif oleh Bank Dunia.

Bank-bank sentral di seluruh dunia telah menaikkan suku bunga tahun ini dengan tingkat sinkronisitas yang tidak terlihat selama lima dekade terakhir—sebuah tren yang kemungkinan akan berlanjut hingga tahun depan, menurut laporan tersebut. Namun lintasan kenaikan suku bunga yang diperkirakan saat ini dan tindakan kebijakan lainnya mungkin tidak cukup untuk membawa inflasi global kembali ke tingkat yang terlihat sebelum pandemi. Investor mengharapkan bank sentral menaikkan suku bunga kebijakan moneter global hingga hampir 4 persen hingga 2023—peningkatan lebih dari 2 poin persentase di atas rata-rata 2021 mereka.

Kecuali gangguan pasokan dan tekanan pasar tenaga kerja mereda, kenaikan suku bunga tersebut dapat membuat tingkat inflasi inti global (tidak termasuk energi) sekitar 5 persen pada tahun 2023—hampir dua kali lipat rata-rata lima tahun sebelum pandemi, demikian temuan studi tersebut. Untuk memangkas inflasi global ke tingkat yang konsisten dengan target mereka, bank sentral mungkin perlu menaikkan suku bunga dengan tambahan 2 poin persentase, menurut model laporan. Jika ini disertai dengan tekanan pasar keuangan, pertumbuhan PDB global akan melambat menjadi 0,5 persen pada 2023—kontraksi 0,4 persen dalam istilah per kapita yang akan memenuhi definisi teknis dari resesi global.

“Pertumbuhan global melambat tajam, dengan kemungkinan perlambatan lebih lanjut karena lebih banyak negara jatuh ke dalam resesi. Kekhawatiran mendalam saya adalah bahwa tren ini akan bertahan, dengan konsekuensi jangka panjang yang menghancurkan orang-orang di pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang,” kata Presiden Grup Bank Dunia David Malpass. “Untuk mencapai tingkat inflasi yang rendah, stabilitas mata uang, dan pertumbuhan yang lebih cepat, para pembuat kebijakan dapat mengalihkan fokus mereka dari mengurangi konsumsi ke meningkatkan produksi. Kebijakan harus berusaha untuk menghasilkan investasi tambahan dan meningkatkan produktivitas dan alokasi modal, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pengurangan kemiskinan.”

Studi ini menyoroti keadaan luar biasa penuh di mana bank sentral memerangi inflasi hari ini. Beberapa indikator historis resesi global sudah memberikan peringatan. Perekonomian global saat ini mengalami perlambatan paling tajam setelah pemulihan pasca-resesi sejak tahun 1970. Kepercayaan konsumen global telah mengalami penurunan yang jauh lebih tajam daripada menjelang resesi global sebelumnya. Tiga ekonomi terbesar dunia—Amerika Serikat, Cina, dan kawasan euro—telah melambat tajam. Dalam keadaan seperti itu, bahkan pukulan moderat terhadap ekonomi global selama tahun depan dapat membawanya ke dalam resesi.

Studi ini mengandalkan wawasan dari resesi global sebelumnya untuk menganalisis evolusi aktivitas ekonomi baru-baru ini dan menyajikan skenario untuk 2022–24. Perlambatan—seperti yang sekarang sedang berlangsung—biasanya memerlukan kebijakan kontra-siklus untuk mendukung aktivitas. Namun, ancaman inflasi dan keterbatasan ruang fiskal mendorong para pembuat kebijakan di banyak negara untuk menarik dukungan kebijakan bahkan ketika ekonomi global melambat tajam.

Pengalaman tahun 1970-an, respons kebijakan terhadap resesi global tahun 1975, periode stagflasi berikutnya, dan resesi global tahun 1982 menggambarkan risiko membiarkan inflasi tetap tinggi untuk waktu yang lama sementara pertumbuhan lemah. Resesi global 1982 bertepatan dengan tingkat pertumbuhan terendah kedua di negara berkembang selama lima dekade terakhir, kedua setelah 2020. Resesi ini memicu lebih dari 40 krisis utang] dan diikuti oleh satu dekade pertumbuhan yang hilang di banyak negara berkembang.“Pengetatan kebijakan moneter dan fiskal baru-baru ini kemungkinan akan terbukti membantu dalam mengurangi inflasi,” kata Ayhan Kose, Penjabat Wakil Presiden Bank Dunia untuk Pertumbuhan, Keuangan, dan Institusi Bank Dunia. “Tetapi karena mereka sangat sinkron di seluruh negara, mereka dapat saling memperparah dalam memperketat kondisi keuangan dan mempertajam perlambatan pertumbuhan global. Pembuat kebijakan di pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang harus siap untuk mengelola potensi dampak dari pengetatan kebijakan yang sinkron secara global.”

 

Posting Komentar untuk "Resiko Resesi Global Tahun 2023 Meningkat Di Tengah Kenaikan Suku Bunga Serentak"