Kacamata mashasan:Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Ketoko

   
Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Ketoko

 Aplikasi Ketoko adalah produk dari Inspirasi Media Kreatif yang ber kantor di denpasar Bali,Produk ini adalah Penerus dari generasi sebelum-sebelumnya yaitu:
iPos 3.0, iPos 3.3, iPos 4.0, dan iPos 5.0
Aplikasi ini berbasis cloud dengan pilihan akses melalui aplikasi desktop,Aplikasi Mobile dan web Browser. Aplikasi ini juga mendukung untuk mode offline yang ketika internet akses sudah kembali normal akan update/sinkroinisasi data dengan Cloud.
Di kesempatan kali ini mashasan.com akan membahas apa kelebihan dan kekurangan Aplikasi Ketoko ini Menurut kacamata dan sudut pandang mashasan.com

A. Kelebihan Aplikasi Ketoko
  1. Biaya Berlangganan relatif Terjangkau.Biaya Berlangganan aplikasi Ketoko relatif terjangkau jika di bandingkan dengan aplikasi berbasis Cloud lainya,mulai harga Rp. 60.000/Bulan pengguna sudah bisa akses dan gunakan fitur fitur aplikasi ini hingga Laporan Keuangan
  2. Fitur dan modul transaksi user friendly.Fitur  dan modul pada Aplikasi Ketoko hampir sama dengan aplikasi_Aplikasi Pendahulunya yaitu iPos 4.0 dan iPos 5.0 yang sudah banyak digunakan UMKM.
  3. Multi Platform.Aplikasi Ketoko adalah aplikasi berbasis web/Cloud yang dapat di akses dengan Aplikasi Desktop,Aplikasi Mobile yang tersedia di playstore dan app store serta bisa di akses dengan web browser
  4. Fitur Fitur Integrasi.Aplikasi Ketoko berusaha terus melakukan update untuk di integrasikan dengan fitur itur terkini seperti PPOB,Paymen Gateway,Qris ataupun Koneksi dengan Marketplace.
  5. Tersedia aplikasi Desktop dan Offline Auto Synch.Untuk pengusaha retail tidak perlu khawatir dengan traffic transaksi yang tinggi,aplikasi ini disediakan juga dalam bentuk Aplikasi desktop dan dapat juga berjalan dengan mode offline dan akan Auto Upload transaksi ketika internet sudah kembali aktif
  6. Laporan Keuangan mudah di pahami.Aplikasi Ketoko menggunakan Metode pelaporan keuangan sama persis dengan aplikasi pendahulunya iPos 4.0 dan iPos 5.0,hanya saja Aplikasi Ketoko menggunakan metode perhitungan HPP Perpetual AVG.
  7. Database Realtime dan bisa di akses dari mana saja.Database yang disimpan di dalam cloud memudahkan untuk bisa di akses dari mana saja dan kapan saja,selain itu database di cloud relatif aman dari resiko kerusakan device.
  8. Multi cabang/Gudang.Aplikasi Ketoko sangat cocok untuk usaha multicacbang terutama yang menerapkan sistem distribusi sentralisasi atau terpusat,sehingga transaksi semua cabang bisa dikendalikan dan dipantau secara terpusat.
Selain kelebihan di atas masih banyak lagi kelebihan kelebihan yang bisa kita nikmati dari layanan berlangganan Aplikasi Ketoko ini.



B. Kekurangan Aplikasi Ketoko
  1. Update transaksi realtime tergantung pada akses internet,jika mode Desktop Synch belum ada koneksi internet,maka transaksi belum ter upload
  2. Membutuhkan Ketilitan transaksi.Sistem perhitungan HPP AVG pada Ketoko lebih rentan terhadap tidak akuratnya data,untuk itu pengguna harus lebih teliti dalam melakukan input transaksi atau ubah transaksi yang menimbulkan resiko terhadap perhitungan HPP dan Pencatatan Jurnal.
  3. Belum Memiliki Fitur Manajemen Fixed Asset.Aplikasi ketoko tidak di lengkapi dengan modul manajemen fixed asset,sehingga pengguna harus melakukan perhitungan sendiri terhadap pencatatan asset,misalnya perolehan dan penyusutan asset.
  4. Belum Memiliki Laporan Arus Kas.Pada Aplikasi Ketoko belum di lengkapi dengan laporan kueangan yaitu laporan arus kas,pengguna yang membutuhkan laporan ini biasanya melakukan pencatatan manual di luar aplikasi Ketoko.
  5. Belum ada Fitur Pajak lan Selain PPn pada transaksi penjualan ataupun pembelian,misalnya t untuk PPh pada transaksi penjualan.sehingga pengguna harus menggunakn jurnal umum untuk mencatatkan pajak ini.
  6. Belum dilengkapi dengan Modul Payroll/Penggajian,sehingga pengguna harus menggunaan aplikasi lain atau perhitungan tersendiri di luar Aplikasi Ketoko untuk menghitung biaya penggajian dan lainnya.
Dengan Keberagaman kebutuhan fitur dan modul pada aplikasi ,mashasan.com Berharap semoga kedepanya terus ada update dan tambahan fitur yang sangat mendukung untuk kemajuan UMKM Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar