Stock opname Grand iPos 5 dan Ketoko,bagaimana biar ngga ribet?

 

Stok Opname iPos dan Ketoko

Metode Stock Opname Pada iPos dan Ketoko

Stock Opname adalah kegiatan menghitung fisik persediaan Barang dan menyesuaikanya dengan catatan akuntansi.Persediaan ini di hitung berdasarkan quantity dan valuenya,selisih antara fisik dan pencatatan pada akuntansi ini nanti akan di jurnal dalam catatan akuntansi dan di proses dalam laporan keuangan.

Pada iPos dan Ketoko sistem pencatatan pada stock opname adalah edit Quantity dan tidak ada edit value karna harga pokok sudah terrecord otomatis degan pilihan pencatatan Perpetual FIFO,LIFO dan AVG.

Kelemahan metode Stock Opname pada iPos ini adalah ketika di gunakan untuk Grand Stock Opname atau stock opname secara kesulurahan akan sedikit repot. Lokasi Fisik barang yang sama terkadang ada di beberpa titik,misalkan di Rak 1,Rak2 Gondola,Floor display atau di etalase,dengan metode SO pada iPos dan ketoko,maka barang harus di hitung dan di akumulasi sendiri dahulu baru di input Stok Opname pada iPos.Untuk Menggabungkan jumlah fisik barang dari beberapa titik yang berbeda ini terkadang sangat menyita waktu dan kurang efektif.

Untuk Mengatasi ini kita bisa menyiasati dengan tips tips yang akan kita bahas berikut ini

1. Metode kosongkan Stok dan input item masuk

Metode ini bisa membantu mempercepat proses kita dalam melakukan Stok Opname.Pertama kali hal yang harus di lakukan adalah melakukan pengosongan stok.Pengosongan stok bisa di lakukan degan import Opname pada iPos dan Ketoko degan mengisi fisik '0" pada file Import Opname.Stok item item yang akan di nolkan bisa di ambil dari laporan master,daftar item untuk selanjutnya di export ke excel.Setelah di export master item dan stok tadi harus kita sesuaikan templatenya dengan format import Excel Opname.Untuk Kode akun pastikan sudah terpilih pada akun pengaturan stok

Setelah kosongkan Stok degan import SO selesai,kroscek kembali pastikan semua item sudah Nol stoknya di daftar item.Langkah selanjutnya adalah memasukan Stok fisik yang ada melalui Item Masuk pada menu persediaan.Pastikan kode akun pada item masuk juga sudah di alihkan ke Akun Pengaturan Stok agar terposting sama dengan akun pengosongan Opname.
Item Masuk ini dapat di buka di beberpa komputer klien server,dan memungkiankan untuk memasukan item yang sama di beda komputer atau beda entry.Semua item masuk akan terakumulasi baik quantity dan value nya ke akun pengaturan stok.


Metode ini bisa mempercepat proses opname terutama jika letak barang ada di beberapa tempat yang berbeda sehingga tidak harus mondar mandir menyatukan Stok.
Kelemahan metode ini adalah perlu mengolah kembali untuk mengetahui  selisih fisik degan excel karena di dalam aplikasi selisih opname nya hanya muncul saat pengosongan.Namun untuk value atau nilai selisih persediaan/akun pengaturan stok akan mengakumulasi otomatis 1dari proses pengosongan dan item masuk sehingga akan diketahui selisih secara valuenya.

2. Menggunakan Tools Pendukung

Opsi Grand Stock Opname memang tidak disediakan oleh iPos dan Ketoko,namun kita bisa mengatasinya dengan berbagai trik,trik selanjutnya yaitu dengan menggunakan Tools
Tools yang kita gunakan bisa berupa  PDA,PDT atau bisa menggunakan Aplikasi berbasis android/iPhone.
degan metode ini Hasil entry dari proses Stok opname akan kita olah dahulu sebelum proses import Stok Opname pada Ipos dan Ketoko.Untuk itu kita membutuhkan piranti atau peralatan untuk mengumpulkan data Stock opname di dalam file axcel.
File tadi menampung data Kode item/Barcode Quantity,Satuan dan KOde Gudang.
Proses entry bisa di lakukan degan beberapa device,sehingga bisa mempercepat proses pencatatan Stok,selanjutnya file dari beberapa device tadi di gabungkan dan di sesuaikan tempatenya sesuai dengan format Import Opname pada iPos dan Ketoko
Tools pendukung Stock opname ini bisa di sesuaikan dengan pilihan template atau dengan template tetap untuk selanjutnya kita sesuaikan kembali degan template imprt SO iPos/Ketoko.

Salah satu tools yang bisa di gunakan adalah Aplikas Stock Count : Stock Take Opname yang bisa di download Disini

Stock Opname Take
Aplikasi ini akan merekap inputan Stok Opname ke dalam file CSV,selanjutnya bisa kita kumpulkan dan gabungkan dari beberapa device,kita olah dan sesuaikan sesuai template Stock Opname pada ipos atau ketoko dan selanjutnya jika sudah fix lakukan import Stock Opname Pada iPos atau ketoko.
JIka menggunakan barcode scanner bisa di hubungkan dengan Kabel USB OTG atau Bluetooth atau degan Scanner Kamera HP tersebut.
Dengan metode ini selisih fisik dan selisih value dari proses stock opname akan mudah di tarik laporanya pada ipos dan tidak perlu mengolah lagi degan excel.
Kelemahan metode ini kita harus merekap,mengolah data excel dari beberapa device dan menggagabungkan degan ketelitian karena form entry tidak terkait langsung ke database iPos/Ketoko.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.
Inspirator : mashasan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar