Riset Kata Kunci/Riset keyword pada mesin Penelusuran

riset kata kunci


4 Komponen Penting Riset Keyword

Riset Keyword merupakan langkah penting sebelum menulis artikel untuk  website. Riset keyword ini berfungsi untuk menentukan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan di artikel pada website Anda.

Memilih kata kunci yang tepat ini  akan mempengaruh pada performa website atau page Anda di hasil pencarian mesin penelusur/Browser. Setiap penulis artikel maupun website harus mengetahui apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin penelusuran/Browser agar bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk artikel atau websitenya.

Contoh mesin Penelusuran yang sering kita hunakan : Google,Bing,Yahoo dan lain sebagainya

Selanjutnya, jika Anda sudah menemukan kata kunci populer yang berkaitan dengan website Anda. perlu diketahui juga persaingan kata kunci tersebut. seberapa tingkat kesulitannya untuk berada di urutan pertama hasil pencarian pada mesin penelusuran/Browser. Artikel seperti apa yang berada di halaman pertama hasil pencarian.

Artikel yang Anda tulis harus muncul di halaman pertama hasil pencarian agar lebih banyak mendatangkan pengunjung. Penelitian menunjukkan bahwa 75 persen pencari hanya membuka artikel-artikel di halaman pertama hasil pencarian pada mesin penelusuran.

Lebih bagus lagi, artikel Anda berada di posisi pertama hasil pencarian pada mesin penelusur karena artikel di urutan pertama mendapatkan 30 persen klik. artikel kedua mendapatkan 15 persen klik dan artikel ketiga mendapatkan 10 persen klik (Sumber: Ahrefs).

Manfaat kata kunci yang tepat, artikel atau website Anda akan semakin mudah untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian pada mesin penelusur/Browser

Pada umumnya terdapat empat komponen penting yang harus diperhatikan dalam riset keyword, yaitu search volume, keyword difficulty, keyword suggestion, dan SERP.

 

1. Volume Pencarian ( Search Volume)

Search volume atau volume pencarian kata kunci adalah berapa banyak sebuah kata kunci dicari di Mesin Penelusur/Browser dalam kurun waktu tertentu.

Biasanya keyword tool akan menampilkan banyak pencarian keyword dalam satu bulan terakhir.

Misalnya, search volume sebuah kata kunci menunjukkan angka 100.000. Artinya, keyword tersebut dicari 100.000 kali di mesin penelusur/Brower dalam kurun waktu satu bulan.

 

2. Tingkat Kesulitan Keyword (Keyword Difficulty )

Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian pada mesin penelusuran/Browser. Umumnya, keyword tool menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama hasil pencarian pada mesin penelusuran/Browser. Biasanya keyword difficulty juga memperlihatkan berapa backlink yang dibutuhkan agar sebuah artikel bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin tinggi keyword difficulty, semakin banyak backlink yang dibutuhkan. 

3.  Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion)

Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda cari. Misalnya, Anda melakukan riset keyword untuk kata kunci “baju murah terdekat”, keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti “kemeja morah terdekat”, “celana murah terdekat"pakaian murah terdekat”, atau “kaos murah terdekat”.

Layanan keyword tool akan memberikan saran long tail keyword. Apa maksud long tail keyword?

Long tail keyword adalah kata kunci yang mengandung tiga kata atau lebih seperti contoh yang sudah disebutkan di atas

Melalui fitur keyword suggestion ini, Anda bisa menemukan lebih banyak long tail keyword yang cocok untuk artikel atau website Anda. Menggunakan long tail keyword disarankan agar dapat menarik lebih banyak pengunjung karena 70 persen pencarian di mesin penelusaran/Browser terdiri dari long tail keyword.

Misalnya, dibanding hanya mencari kata kunci “baju”, pengguna bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas dengan mengetik kata kunci “baju murah kekinian” atau “baju keren kekinian”

 

4. SERP(Search Engine Result Page )

SERP menunjukkan laman-laman/page yang ada di peringkat teratas dalam hasil pencarian keyword yang Anda riset. Fungsinya adalah untuk melihat seperti apa kualitas laman-laman/[age yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian mesin penelusuran/Browser

Cara riset keyword seperti apa yang bisa Anda lakukan? Terdapat banyak perusahaan/developer yang menyediakan layanan riset keyword atau tools yang bisa di gunakan untuk riset keyword, baik berbayar maupun gratis.

Contoh Tools Untuk Riset Keyword :

1. Ubersuggest

2. Google Trend

3. Semrush

Dan masih banyak tools serupa lainnya

Sumber : Niagahoster

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar